Bahasa i


bahasa iMenyenangkan sekali menggunakan bahasa ini. Hehe. Jangan tanya dari mana bahasa ini berasal, karena sebenarnya teman saya lah yang pertama kali memulainya. Memulai ‘bahasa i’ dengan sangat baik, dan menarik.

Maksudnya ‘Bahasa i’?
‘Bahasa i’ adalah bahasa yang semua vocal nya diganti dengan huruf i. Aneh? Tentu. Bahasa ini sangat aneh, dan kalau digunakan membuat si pemakainya terlihat seperti anak kecil. Susah? Tentu susah. Rasanya mulut lama-lama kaku sekali, karena menyebut semua kata dengan vocal i.

Mau mencobanya? Hayukk kita coba…

Jidi biginilih pingginiin ‘Bihisi i’ ying siyi biling tidi. Iwilnyi miming inih, sisih, din gimini giti. Tipi sitilih diginikin, limi-limi siyi tirbiisi. Bihisi ini minyiningkin.Hihihi. Ngiming mingginikin bihisi ini ikin mimbiit indi tirtiwi sindiri. Sipirti iring iitis sih, tipi sining dih risinya. Niriblig sikiliin bilih mincibinyi sindiri, dih.

Hahahaha, bagaimana? Sudah mencoba? Tapi saya berbicara menggunakan ‘Bahasa i’ ini hanya dengan teman saya saja. Teman yang memang juga menggunakan bahasa ini. Atau ya sekali-kali iseng saya pakai pada teman saya lainnya. Tapi  hanya satu kata, misalnya “mikici”. Begitu.

Bukan bermaksud merusak bahasa indonesia yang ada. Ini hanya untuk kesenangan semata. Becanda bersama. Jangan sekali-kali mencoba menggunakan ‘Bahasa i’ saat berbicara dengan atasan. Wah bisa gawat itu. Bisa-bisa narablog dipecat. Terlebih sama orangtua, jangan ya….

Dimikian. Mikici…

Biasakan diri Berbahasa Indonesia, Yuk!


Hari ini saya browsing-browsing lewat youtube. Seperti biasa, saya suka nonton video Raditya Dika yang Malam Minggu Miko, karena saya selalu ketinggalan nonton di TV, jadi saya pasti nonton di akun youtube nya Raditya Dika.

Tapi, tengah-tengah nonton videonya Malam Minggu Miko, saya tertarik dengan salah satu video yang ada di list di sebelah kanan. Ada gambarnya Dovi. Tau kan Dovi? Yang sekarang jadi teman serumahnya Raditya Dika di Malam Minggu Miko.

Akhirnya saya pilih klik video Dovi yang judulnya Comedians Vs Youtubers #2. Yaps, ternyata bener, itu video milik Dovi dan kakak nya Kak Jovi. Dan ternyata dua bersaudara ini memang bikin video untuk di upload ke youtube dengan akun SkinnyIndonesia24.

Ternyata SkinnyIndonesia24 udah mulai upload video lama. Video yang baru, mereka ngajakin Kemal Pahlevi dan Ge Pamungkas, dua peserta StandUp Comedi 2 Kompas TV.

Tapi setelah saya tonton beberapa videonya, kok pake Bahasa Inggris ya. Ya ada sih diselipin Bahasa Indonesia, tapi itu Cuma dikit.

Jujur, (maaf, tanpa mengurangi rasa hormat) saya nggak suka.

Mungkin mereka mau seperti Raditya Dika di Malam Minggu Miko. Mungkin sih… Tapi sekali lagi, saya nggak suka.

Seberapa ketinggalan kah Bahasa Indonesia, sehingga membuat mereka lebih milih pake Bahasa Inggris. Mereka mahasiswa Universitas Indonesia, jelas jago pake Bahasa Inggris, tapi apa harus bikin video yang seperti itu. Yang (rasanya) nggak ada certianya.

Mungkin saya nggak suka sama video-vidoe milik SkinnyIndonesia24, karena saya ngebandingin sama video-video punya Raditya Dika, tapi…

Bukan Sok Nasionalis, tapi melestarikan Bahasa Indonesia itu lebih membanggakan dari pada memperlihatkan pada dunia kalau kamu bisa bahasa milik bangsa lain.

Jangan-jangan tentang Bahasa Indonesia malah nggak ngerti sekali.

Lagi pula, kalau nggak membiasakan diri dengan Bahasa Indonesia, anak-anaknya nanti mau diajari Bahasa Inggris, gitu?

Pikirkan sekali lagi. Pakai bahasa inggris boleh, tapi jangan terlalu bangga dengan itu ya…

Karena kita berbahasa satu, Bahasa Indonesia.

*Mohon maaf kalau ada yang keberatan. Ini Cuma opini.