Apa Jilbab Saya Haram?

Saya berjilbab dan berjualan jilbab, lalu apakah jilbab yang saya jual dan pakai itu haram karena bukan merk ‘tersebut’ diatas?

Mohon koreksinya jika saya salah. Foto iklan jilbab halal atau haram itu saya dapati hari ini berseliweran di media sosial. Kalau memang foto itu benar adalah iklan milik Zoya, lantas apakah jilbab yang saya kenakan ini haram? Karena bukan Zoya. Saya mana mampu membeli jilbab merk Zoya. Yang saya tau, jilbab harus longgar, panjang, dan menutupi dada. Meski sederhana, tanpa label terkenal, tapi insyaAllah sudah sesuai aturannya.

Yang saya tau, saya memakai jilbab dengan cara membeli melalui penjualnya. Uang yang saya gunakan pun halal dari keringat sendiri. Lalu apakah jilbab yang saya kenakan haram?

Jualan jilbab saya pun alhamdulillah, laris. Saya kulak dari supplier dengan uang saya sendiri, bahkan dengan kaki saya sendiri pergi ke tempat supplier, memilih warna, menawar, dan membayar dengan kesepakatan bersama. Lalu apakah jilbab yang saya jual ini haram?

Ada yang bisa menjelaskan?

Menurut Sigit Endroyono, Creative Director Shafco, jilbab yang halal ditentukan dari jenis kainnya, apakah mengandung gelatin babi atau tidak. Gelatin babi umumnya terdapat pada pengemulsi saat proses pencucian bahan tekstil. Rangkaian kerudung Zoya diklaim telah diuji coba dan hasilnya tidak mengandung babi sehingga ditetapkan halal menurut MUI.

Tapi kan bukan berarti produk lain mencuci kainnya dengan gelatin babi? Ada buktinya? Terlalu tinggi, dan terlalu merendahkan produk jilbab lain yang belum tentu menggunakan gelatin babi pada proses pencuciannya.

Please, buatlah iklan yang menarik, tapi jangan membuat benda lain berubah menjadi nista karena hanya sebuah label.

Sekali lagi, apa jilbab saya haram karena bukan Zoya?

3 thoughts on “Apa Jilbab Saya Haram?

Silahkan Berkomentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s