Menulis Pun (kadang) Melelahkan

Malam ini saya tidak tau ingin menulis apa. Kata Soe Hok Gie, terkadang menulis pun melelahkan. Kalau Soe Hok Gie yang mengatakan mungkin iya, tapi kalau saya yang mengatakan mungkin itu hanya alasan saja karena tidak memiliki ide. Hehe.

November ini, saya jarang menulis. Ide rasanya tidak muncul. Kalau toh saya upload tulisan pun, itu dari hasil memelintir otak, memeras hati, memaksa jari. Saya harus nulis. Dan hasil tulisannya pun tidak maksimal. Diksi yang dipilih nggak pas, saya saja aslinya nggak sreg. Tapi ya sudahlah, dari pada nggak nulis apa-apa. Itu yang selalu ada dalam hati jika benar-benar sudah mentok.

Karena itu saya menulis tulisan ini. Mencurahkan apa yang sedang terjadi. Bahwa saya sedang lelah menulis, capek memilih kata, menyambung kalimat, dan mengatur titik koma. Iya, menulis pun kadang melelahkan.

Saya jadi ingat beberapa tahun lalu. Ketika saya setiap hari bisa menulis fiksi pendek. Setiap hari berimajinasi, menulisnya seakan nyata. Mungkin saya sedang lelah. Menulis fiksi rasanya seperti dipaksa lari ber-ribu kilo jauhnya. Saya lelah.

Atau mungkin ada hal lain yang mencuri separuh lebih bagian dari otak saya, memaksa saya untuk berpikir lebih keras, kemudian membuat saya lelah? Entahlah.

Iya, menulis pun (kadang) melelahkan. Semoga ide-ide itu segera kembali datang. Aamiin🙂

Posted from WordPress for Android

18 thoughts on “Menulis Pun (kadang) Melelahkan

  1. Sering nih kayak gini, apalagi kalo punya blog kadang males banget buat mau nulis. Sekalipun ada ide, tetap aja males, barangkali itu penyakit para blogger yah. blog saya aja pernah mati 10 bulan, untung idup lagi😀

    Like

  2. Mungkin karena sudah dianggap jadi kewajiban. Kalo saya pas jarang ngeblog, biasanya kalo gak lagi sibuk, yah memang lagi gak ada ide buat nulis.

    Biasanya ada ide buat nulis itu … setelah nonton channel tv favorit (apalagi kalo topiknya menarik juga), ngelihat status teman, atau habis baca buku.

    Manfaatkan aja catatan kecil, biasanya ide nulis itu munculnya tiba-tiba. Nanti begitu ada waktu luang, baru di blog-kan🙂

    Like

Silahkan Berkomentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s