Genggam Erat Dalam Hati

version-baf67fe95d98eb0457f24c762a645e44_large-

Dimanapun itu kejujuran adalah hal terpenting, bagaimanapun situasinya kejujuran tetap menjadi hal terpenting, siapapun yang dihadapi, mau anak kecil, orang tua, kejujuran harus dilakukakan. Mau seburuk apapun situasinya, mau seperti apapun orang yang ada di depan kita, sikap jujur harus wajib dipertahankan. Karena hanya karena jujur, sikap itu bisa jadi menolong kita. Mungkin tidak sekarang, tapi suatu saat nanti.

Jika karena jujur kita kemudian menjadi orang yang dibenci, sementara mereka yang tidak jujur bisa mendapatkan banyak teman. Biar saja, yang penting kita sudah jujur. Jika karena jujur kemudian kita menjadi orang yang tidak punya, sementara mereka yang tidak jujur bisa mendapat segala macam harta benda. Biar saja, tetap genggam erat-erat sikap jujur itu. Jika karena jujur kemudian kita menjadi orang yang kalah, sementara mereka yang tidak jujur, berhasil menipu dan sebagainya kemudian bisa merasa puas karena menjadi pemenang, biar saja, bukan masalah yang penting sikap jujur masih tersimpan cantik di hati.

Dear, jika siapa saja tau betapa pentingnya menjadi jujur, betapa mulianya bersikap jujur, betapa cantik dan gantengnya orang-orang yang mau jujur, pasti menyenangkan sekali hidup ini. Meski ada kalimat “Jujur itu menyakitkan” tapi bukankah yang penting itu sudah jujur. Tentu ada cara menyampaikan agar kejujuran itu tidak terlalu menyakitkan. Dan meski sudah disampaikan dengan hati-hati tapi tetap menyakitkan, kejujuran tetap baik adanya. Kata Darwis Tere Liye, rasa sakit dalam hati hanyalah sementara, pemahaman yang baik tentang rasa sakit itulah yang abadi.

Maksudnya adalah belajar memahami, mengerti, memaafkan, dan menerima. Jika memang sebuah kejujuran itu menyakitkan, maka kebohongannya pasti akan lebih menyakitkan lagi. Kejujuran adalah sikap yang baik, maka akan membawa kebaikan-kebaikan lain datang dengan sendirinya.

Semoga Allah selalu menjadikan kita orang-orang jujur dan mendekatkan kita dengan orang-orang yang jujur dan baik.

Amin.

Dan melalui posting ini, saya cuma mau ngomong; seburuk apapun tempat kerja kita saat ini, sikap jujur tetap penting dipegang teguh. Bukan soal kepuasan, bukan soal pembalasan, bukan soal memperlihatkan siapa yang paling pintar, tapi soal hati yang baik, hati yang ikhlas, hati yang cantik.

Semoga dimengerti.

4 thoughts on “Genggam Erat Dalam Hati

Silahkan Berkomentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s