Awas, Modus SMS Tipu-Tipu!!!

Okay, selamat pagi narablog sekalian, apa kabar semuanya? Masih puasa? Semoga selalu baik-baik saja ya…

Well, begini narablog. Saya mau berbagi pengalaman. Jadi kemarin saya pasang iklan untuk menawarkan sebuah rumah melalui situs jual beli online (tb.com dan berni.com). Dan keesokan harinya, setelah saya pasang itu iklan, pagi hari ada yang mengirimkan sms ke nomor hape ayah saya.  Nomor nya 085959103439, si pengirim sms mengaku bernama Ibu Yanti.

Nah, karena senang ibu saya yang merasa iklannya cepet laku, langsung nelpon saya yang lagi kerja di kantor, beliau mengabarkan kabar gembira bahwa ada yang minat sama rumah yang saya iklankan.  Isi sms nya kira-kira, si Ibu Yanti itu berminat dan katanya sudah meluncur ke lokasi untuk ngeliat rumah saya, then udah merasa sreg. Dan untuk selanjutnya disuruh menghubungi suaminya yang bernama Pak Iskandar dengan nomor 085282023678.

Saya yang mendapat kabar begitu, ya seneng sih, tapi agak curiga. Aneh. Saya pasang iklannya pas jam 6 sore (waktu magrib). Dan tiba-tiba besoknya ada yang sms merasa udah sreg. Anehhh….

Karena curiga akhirnya saya googling tentang penipuan jual beli rumah via sms. Eh ternyata banyak orang yang mengalami pengalaman sama dengan menerima sms serupa. Langsung deh ya, untuk mengurangi resiko, itu nomor ponsel yang tercantum dalam iklan langsung saya ganti dengan nomor saya sendiri.

Dan benar, siang harinya saya juga mendapatkan dua sms serupa. Yang isinya seperti ini:

Maaf sebelumnya bpk/ibu, saya dengan pak.INDRA yg berminat dgn rumah yg bpk/ibu tawarkan di berniaga.com, saya tlpn tapi tdk bisa tembus, jika bpk/ibu tdk sibuk hub saya.”

Isi sms di atas datang dari orang yang ngaku namanya Pak Indra dengan nomor 081213869369.

Beberapa saat kemudian, saya terima lag isms serupa dari nomor berbeda yang isinya:

“Ass, maaf sy HM.Yusuf yang berminat dgn rumahx yg mau dijual, itu hrg netnya brp, tadi sy tlp tdk bisa msk, atau nanti kalau anda sdh tdk sibuk tlg tlpn balik sy.tks”

Isi sms di atas datang orang yang ngaku bernama HM Yusuf (mungkin masih sodara HM Sampoerna, hehehe) dengan nomor  081212242427.

Saya yang sudah googling dan tau tentang modus-modus begitu, saya abaikan lah dua sms itu. Karena jika diteruskan, mereka bisa melakukan serangkaian hipnotis yang bisa menjerat korban. Untung saya dan keluarga masih dilindungi dari orang-orang yang seperti itu.

Tapi ternyata, nggak cukup hari itu aja. Hari ini nih, baru aja saya sampai kantor, tiba-tiba ada sms masuk dari nomor  087876281429 yang isinya miriplah:

”Ass. Wf saya ibu ani yg k’marin liat lokasi rumah anda, sy sudah merasa cocok dgn lokasinya,tpi sy tdk bisa memutuskan harga atau hub. Suami  sy H. MAULANA 085282023559 Tks WSLM.”

Ini ya aneh banget emang. Yang  jual rumah siapa yang hubungi siapa. Aneh, harusnya yang minat dong yang telpon duluan. Bahasa jawanya nih ya: Penipu Gak Bondo!!

Ya Allah, masih banyak aja orang yang tega melakukan penipuan. Untungnya apa sih dapet uang di dunia dengan cara nggak halal. Rejeki nggak barokah, dibadan  juga jadi nggak sehat.

Buat narablog sekalian, hati-hati ya kalau menjual lewat online. Karena banyak sekali orang yang memanfaatkan situasi menggunakan modus modus kreatif untuk kepentingannya sendiri. WASPADALAH!!!

 

6 thoughts on “Awas, Modus SMS Tipu-Tipu!!!

  1. Wah, wah, semakin banyak saja ya yang kayak gini. Satu-satunya pencegah ya memang kita harus terus update wawasan tentang modus-modus begini. Dengan cara browsing, salah satunya. Soalnya, menutup diri rapat-rapat dan nggak terbuka dengan dunia luar/internet nggak mungkin juga.

    Like

Silahkan Berkomentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s